PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PKN MATERI KEBANGGAAN SEBAGAI BANGSA INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TPS

Main Article Content

parmiati parmiati

Abstract

Peranan guru merupakan faktor yang menentukan berhasil tidaknya peserta didik dalam mencapai prestasi belajarnya di sekolah   Proses belajar mengajar cenderung satu arah berpusat pada guru.   Pelajaran PKn siswa dituntut untuk memperoleh nilai hasil ulangan minimal sama dengan KKM 70.   Rumusan masalah   bagaimana Peningkatan Prestasi Belajar Pkn Materi Kebanggaan  Sebagai Bangsa Indonesia melalui Pembelajaran Kooperatif  Model TPS Pada Siswa Kelas III Semester II Tahun Pelajaran 2017-2018 di SDN Wonokerto” ? Tujuan penelitian   Melaksanakan pembelajaran pembelajaran kooperatif model TPS dalam meningkatkan prestasi belajar PKn materi kebanggaan sebagai bangsa indonesia pada  siswa kelas III semester II tahun pelajaran 2017-2018 di SDN Wonokerto. Hasil penelitian   model TPS dapat meningkatkan prestasi belajar PKn materi “Bangga menjadi bangsa Indonesia” pada siswa kelas III semester II Tahun Pelajaran 2017-2018 di SDN Wonokerto. terjadi peningkatan, kondisi awal ketuntasan belajar  53,84%, %, pada siklus I ada peningkatan menjadi 69,23%,  dan di siklus II secara klasikal terjadi peningkatan menjadi 100%.

Article Details

How to Cite
PARMIATI, parmiati. PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PKN MATERI KEBANGGAAN SEBAGAI BANGSA INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TPS. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 56-67, jan. 2020. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/179>. Date accessed: 22 feb. 2020. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i1.179.
Section
Social Education