Peningkatan Keterampilan Menulis Pantun dengan Metode Tulis Berantai Diintegrasi Media Kartu Pintar

Main Article Content

Hendri Hendri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis pantun melalui kegiatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di SMKN 7 Tanjung Jabung Barat kelas XI TBSM sebanyak 36 siswa. Penelitian dilakukan selama 2 siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes uraian dengan menilai empat aspek, yakni isi, struktur teks, kepaduan baris, dan kaidah kebahasaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan siswa dalam menulis pantun meningkat berdasarkan nilai rata-rata yang meningkat dari 57,94 menjadi 71,94. Hal tersebut juga terlihat dari jumlah siswa yang memperoleh kategori skor cukup dan baik yang meningkat, serta jumlah siswa yang memperoleh skor pada kategori kurang yang menurun.

Article Details

How to Cite
HENDRI, Hendri. Peningkatan Keterampilan Menulis Pantun dengan Metode Tulis Berantai Diintegrasi Media Kartu Pintar. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 22-28, jan. 2020. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/174>. Date accessed: 18 sep. 2020. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i1.174.
Section
Social Education