Peningkatan Prestasi Belajar Matematika melalui Metode Kooperatif Model TAPPS

Main Article Content

Sukilan Sukilan

Abstract

Pembelajaran matematika di Sekolah Dasar mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam upaya untuk mewujudkan tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Tujuan pengajaran matematika menumbuhkan dan mengembangkan keterampilan berhitung (menggunakan bilangan sebagai alat dalam kehidupan sehari-hari), menumbuhkan kemampuan siswa, yang dapat dialihgunakan melalui kegiatan matematika, mengembangkan pengetahuan dasar matematika sebagai bekal belajar lebih lanjut di SLTP, dan membentuk sikap logis, kritis, cermat, kreatif, dan disiplin. Penelitian menggunakan penelitian tindakan (action research) dua siklus dengan tahap rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah Kelas V SD Negeri 1 Bendoroto Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek. Data yang diperoleh berupa hasil tes tiap siklus. Hasil analis terdapat peningkatan prestasi belajar penjumlahan  bilangan bulat siswa Kelas V SD Negeri 1 Bendoroto Kabupaten Trenggalek, teridentifikasi dari kenaikan persentase prestasi ketuntasan belajar siswa secara signifikan terdapat ketuntasan pada kondisi awal (50%) pada siklus I (66 %),  dan ketuntasan belajar pada siklus II (100%).

Article Details

How to Cite
SUKILAN, Sukilan. Peningkatan Prestasi Belajar Matematika melalui Metode Kooperatif Model TAPPS. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 1-7, feb. 2018. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/17>. Date accessed: 23 feb. 2018. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i1.17.
Section
Articles