Tipologi Pendidikan Moral Di Pesantren Salaf Dusun Mlangi Sleman Yogyakarta

Main Article Content

Enjang Jaenudin

Abstract

Dusun Mlangi merupakan salah satu pusat pondok pesantren di DI Yogyakarta dengan jumlah 13 pesantren salaf atau tradisional. Pesantren tradisional dikenal dengan model pembelajaran harfiah (letterjik) ‘kitab kuning’ dan sistem pembelajaran sorogan dan wetonan. Akan tetapi, masing-masing pesantren salaf ternyata mempunyai ciri khas tersendiri dalam mendidik moral santri. Pendidikan moral menjadi poin penting dalam penelitian ini karena Dusun Mlangi dikenal islami dan penuh toleransi. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana tipologi pendidikan moral di pesantren salaf dusun Mlangi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi serta teknik analisis induktif. Lokasi penelitian ini adalah pesantren Assalafiyah, Al-Miftah dan Ar-Risalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dua jenis pendidikan moral di pesantren salaf Dusun Mlangi, yaitu tradisional dan campuran tradisional-modern. Pendidikan moral di pesantren dengan corak tradisional mempunyai ciri dalam hal metode pengajarannya mengutamakan dongeng atau cerita serta materi atau penanaman nilai, action learning, dan klarifikasi nilai. Lalu yang diajarkan adalah nilai-nilai partikular. Sementara pendidikan moral di pesantren dengan corak campuran tradisional-modern mempunyai ciri metode pengajaran yang sistematis dan terstruktur rapi serta materi yang diajarkan adalah nilai-nilai universal. Selain itu, terdapat pula beberapa kesamaan terkait pada kitab, klasifikasi, reward and punishment, kendala dan evaluasi.

Article Details

How to Cite
JAENUDIN, Enjang. Tipologi Pendidikan Moral Di Pesantren Salaf Dusun Mlangi Sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 1-9, jan. 2020. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/167>. Date accessed: 22 feb. 2020. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i1.167.
Section
Social Education