Penggunaan Model Pembelajaran NHT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keliling dan Luas Lingkaran

Main Article Content

tri lestari

Abstract

Pendidikan merupakan usaha sadar  yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat dan pemerintah melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan/atau latihan, yang berlangsung di sekolah dan di luar sekolah sepanjang hayat, untuk mempersiapkan siswa agar dapat memainkan peranan dalam lingkungan hidup secara tepat di masa mendatang.


Pembelajaran Number Head Together ( NHT) merupakan  suatu  model pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered) dengan pendekatan konstruktivitas, berupa rangkaian tahap-tahap kegiatan (fase) yang diorganisasi sedemikian rupa sehingga siswa dapat menguasai kompetensi-kompetensi yang harus dicapai dalam pembelajaran dengan jalan berperan aktif.


Penerapan pembelajaran Number Head Together (NHT) memiliki dampak positif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar tiap siklus sehingga cukup efektif untuk diterapkan.


Dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa, guru hendaknya lebih sering melatih siswa menggunakan berbagai metode walaupun dalam taraf yang sederhana, di mana siswa nantinya dapat menemukan pengetahuan baru, memperoleh konsep, dan ketrampilan sehingga siswa berhasil atau mampu memecahkan masalah-masalah yang dihadapi.

Article Details

How to Cite
LESTARI, tri. Penggunaan Model Pembelajaran NHT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keliling dan Luas Lingkaran. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 3, n. 4, p. 223-227, oct. 2019. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/161>. Date accessed: 07 dec. 2019. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v3i4.161.
Section
Science Education