Meningkatkan Ketrampilan Teknik Dasar Dribbling, Passing dan Shooting dalam Permainan Bola Basket dengan Mengoptimalkan Penggunaan Audio Visual dan Multi Media pada Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 2 Blitar

Main Article Content

purwo widiodo

Abstract

Pendidikan Jasmani merupakan media untuk mendorong perkembangan keterampilan motorik, kemampuan fisik, pengetahuan dan peralatan, penghayatan nilai-nilai (sikap mental-emosional-spiritual-sosial) serta pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan yang seimbang. Para guru atau pembina hendaknya mengarahkan perhatian pada siswa-siswa Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) sebagai fokus pembinaan teknik-teknik dasar bagi seorang siswa / atlit di bidang bola basket. Perlu adanya peningkatan kualitas guru baik secara internal maupun eksternal. Penting sekali guru Penjasorkes / Pelatih olahraga diberikan atau mengikuti pelatihan-pelatihan TIK atau media lainnya, agar bisa memanfaatkan media elaktronik yang saat ini perupakan bukan hal yang baru lagi.  Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Ada peningkatan motivasi belajar pada siswa dalam permainan bola basket dengan optimalisasi penggunaan Media Audio Visual dan Multimedia. (2) Ada peningkatan prestasi pada siswa dalam teknik dasar dribbling, passing, shooting dalam permainan bola basket dengan optimalisasi penggunaan Media Audio Visual dan Multimedia. (3) Sangat efektif dalam proses pembelajaran dengan penggunaan Media Audio Visual dan Multimedia terhadap peningkatan prestasi teknik dasar dribbling, passing, shooting dalam permainan bola basket. Guru hendaknya terus berusaha untuk meningkatkan kemampuannya dalam mengembangkan materi, menyampaikan materi, serta dalam mengelola kelas, sehingga kualitas pembelajaran yang dilakukannya dapat terus meningkat seiring dengan peningkatan kemampuan yang dimilikinya. Selain itu, guru hendaknya mau membuka diri untuk menerima berbagai bentuk masukan, saran, dan kritikan agar dapat lebih memperbaiki kualitas mengajarnya. Guru hendaknya lebih inovatif dalam menerapkan metode untuk menyampaikan materi pembelajaran.

Article Details

How to Cite
WIDIODO, purwo. Meningkatkan Ketrampilan Teknik Dasar Dribbling, Passing dan Shooting dalam Permainan Bola Basket dengan Mengoptimalkan Penggunaan Audio Visual dan Multi Media pada Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 2 Blitar. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 3, n. 4, p. 296-304, oct. 2019. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/158>. Date accessed: 07 dec. 2019. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v3i4.158.
Section
Science Education