Peningkatan Hasil Belajar PPKN Materi Bhineka Tunggal Ika melalui Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 8 Kota Blitar

Main Article Content

muchammad asyhari

Abstract

Pendidikan pada era modern ini perlu terus ditata dan dikembangkan serta dimantapkan dengan perolehan kesempatan wajib belajar dan meningkatkan mutu pendidikan tersebut perlu adanya dukungan atau kerja sama yang baik antara semua komponen yang terlibat dalam pendidikan. Perlu bagi guru (pengajar) untuk lebih bervariatif dan berinovatif dalam menggunakan metode mengajar yang dapat meningkatkan motivasi siswa dalam mengikuti pelajaran. Suasana yang monoton pada proses pembelajaran perlu diubah menjadi suasana yang nyaman dan menyenangkan untuk meningkatkan semangat belajar siswa dalam mengikuti proses kegiatan belajar mengajar.Pelaksanaan pembelajaran dengan pembelajaran kooperatif model jigsaw pada mata pelajaran PPKn materi Bhinneka Tunggal Ika di Kelas VIII B SMP Negeri 8 Blitar Tahun Pelajaran 2016/2017 pada siklus I dan siklus II telah dilaksanakan dengan baik berdasarkan langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Hal ini dapat dilihat dari aktifitas guru yang diperoleh dari hasil pengamatan aktifitas guru dalam mengajar pada siklus I pertemuan 1 mencapai 80%, pertemuan 2 mencapai 86%, Siklus II pertemuan 1 mencapai 93%, dan pertemuan 2 mencapai 100%  Hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model jigsaw terjadi peningkatan yang baik. Guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa hendaknya menggunakan metode pembelajarn yang bervariasi dan menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan kegiatan pembelajaran berlangsung. Hal tersebut dapat membuat siswa menjadi lebih aktif dan bersemangat untuk mengikuti pembelajaran.

Article Details

How to Cite
ASYHARI, muchammad. Peningkatan Hasil Belajar PPKN Materi Bhineka Tunggal Ika melalui Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 8 Kota Blitar. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 3, n. 4, p. 289-295, oct. 2019. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/157>. Date accessed: 07 dec. 2019. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v3i4.157.
Section
Social Education