Peningkatan Hasil Belajar Tematik Tema Pahlawanku Subtema Perjuangan Para Pahlawan dengan Metode Think Pair Share pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Widoro Kecamatan Gandusari Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018

Main Article Content

hadi utomo

Abstract

Kesalahan penggunaan model, dapat menghambat tercapainya prestasi belajar yang diinginkan dan rendahnya kemampuan belajar siswa dalam pembelajaran tematik. Hal ini disebabkan karena dalam proses belajar mengajar, siswa kurang dilibatkan dalam situasi optimal untuk belajar, pembelajaran cenderung berpusat pada guru, dan klasikal.


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Peningkatan Hasil Belajar Tematik Tema Pahlawanku Subtema Perjuangan para Pahlawan dengan Metode Think Pair Share pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Widoro Kecamatan Gandusari Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018 dan tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran objektif tentang Peningkatan Hasil Belajar. Penelitian ini terdiri dari dua siklus pembelajaran, yang masing-masing siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 3 Widoro Kecamatan Gandusari. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, pada siklus pertama siswa merasa kaku karena mereka belum terbiasa dengan metode pembelajaran ini dan hasil tes menunjukan nilai yang rendah. Ini dapat dilihat pada nilai tes siswa pra siklus yakni masih 4 siswa (50%) dan meningkat  pada siklus pertama 5 (62,50%)  siswa tuntas belajarnya dan rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari siklus awal 66,25 menjadi 70,00 pada siklus pertama. Sedangkan pada siklus kedua siswa sudah mampu beradaptasi dengan metode Think Pair Share. Dan hasil tes belajar pun meningkat. Pada siklus ke dua sebanyak 8 siswa (100%) tuntas belajarnya, dengan nilai rata-rata kelas sebesar 82,50.

Article Details

How to Cite
UTOMO, hadi. Peningkatan Hasil Belajar Tematik Tema Pahlawanku Subtema Perjuangan Para Pahlawan dengan Metode Think Pair Share pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Widoro Kecamatan Gandusari Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 3, n. 4, p. 278-288, oct. 2019. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/155>. Date accessed: 07 dec. 2019. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v3i4.155.
Section
Science Education