Peningkatan Kinerja Guru dalam Menerapkan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) pada Sekolah Dasar Negeri 3 Karangsono PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM MENERAPKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 3 KARANGSOKO

Main Article Content

Sutiyah Yah Sutiyah

Abstract

Salah satu kunci keberhasilan siswa dalam memperoleh ilmu dan hasil belajar yang baik adalah kinerja guru yang baik dalam memberikan atau mentransfer ilmu kepada siswa. Dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat mendorong siswa lebih aktif. Kesuksesan guru dalam menerapkan pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran dengan menggunakan CTL di Sekolah Dasar Negeri 3 Karangsoko dengan melibatkan 6 guru kelas I, II, III, IV, V, dan VI sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada aspek penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dari 54,46 menjadi 75,60 dan 94,35 sedangkan aspek penilaian kemampuan merencanakan pembelajaran meningkat dari 54,63 menjadi 70,83 dan 87,96  dan aspek kemampuan melaksanakan pembelajaran, evaluasi, tindak lanjut dari 55,77 menjadi 68,91 dan 81,73 pada akhir siklus kedua. Meningkatnya kinerja guru dalam mengelola proses pembelajaran, hasil belajarnya pun turut meningkat.

Article Details

How to Cite
SUTIYAH, Sutiyah Yah. Peningkatan Kinerja Guru dalam Menerapkan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) pada Sekolah Dasar Negeri 3 Karangsono. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 3, n. 4, p. 270-277, oct. 2019. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/154>. Date accessed: 07 dec. 2019. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v3i4.154.
Section
Social Education