Upaya Peningkatan Hasil Belajar Membaca Novel dengan Penerapan Metode Cooperative Script pada Siswa Kelas VIIIB SMPN 2 Ledokombo Jember

Main Article Content

Indana Mardiani

Abstract

Mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan sebuah mata pelajaran yang sangat penting, karena mendasari semua mata pelajaran yang ada dalam penyampaian  konsep pembelajaran.  Pelajaran Bahasa Indonesia yang kurang diminati siswa menyebabkan rendahnya perolehan hasil pembelajaran Bahasa Indonesia, hal ini terjadi di SMPN 2 Ledokombo, semangat dan antusias siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia sangat kurang, banyak siswa yang memandang sebelah mata pelajaran bahasa Indonesia, sehingga berakibat rendahnya hasil belajar bahasa  Indonesia.  Berdasarkan hasil observasi awal peneliti menunjukkan bahwa nilai untuk mata pelajaran bahasa Indonesia khususnya di kelas VIII B sangatlah rendah, dari 34 siswa hanya 20 siswa yang mencapai tingkat ketuntasan secara individu, dengan kriteria ketuntasan minimal untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMPN 2 Ledokombo adalah 76, dan ketuntasan klasikal pada kelas tersebut mencapai 59%, hal ini  sangat jauh dengan kriteria ketuntasan klasikal sesuai pedoman KTSP yaitu sebesar 85%.


Permasalahan di atas dapat diatasi dengan meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas VIIIB, salah satunya adalah pemilihan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Salah satu metode yang tepat adalah metode pembelajaran cooperative script, Danserau (2007) menyatakan bahwa pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan siswa dapat mempelajari materi yang lebih banyak daripada siswa yang belajar sendiri.   Penulis memandang metode ini sesuai untuk pembelajaran di kelas VIIIB SMPN 2 Ledokombo  guna meningkatkan prestasi hasil belajar bahasa Indonesia khususnya membaca novel. Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan   metode cooperative script dapat meningkatkan  hasil belajar mebaca novel pada siswa kelas VIIIB SMPN 2 Ledokombo Jember Semester Genap  Tahun  Pelajaran 2010/2011.


Observasi awal dilakukan pada keadaan siswa masih belum diterapkannya metode pembelajaran cooperative script,  yang menunjukkan bahwa 20  siswa belum tuntas belajar, dan rata rata kelas 75, dengan tingkat ketuntasan klasikal hanya 59%. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar yaitu terdapat 28  siswa yang tuntas belajar dan ada 6  siswa  yang tidak tuntas belajar, dengan rata-rata nilai 80 dan ketuntasan klasikal mencapai 82%.  Pada Siklus I sudah terjadi peningktan pemahaman siswa dengan dibuktikan naiknya nilai ulangan harian siswa, akan tetapi secara klasikal masih belum mencapai ketuntasan. Sehingga pada siklus II peneliti melakukan perbaikan berdasarkan temuan pada siklus I dan pada siklus II terjadi peningkatan ketuntasan klasikal menjadi 94%, dan rata-rata kelas mencapai 84, walaupun masih ada 2 siswa yang belum tuntas, tetapi penelitian ini dikatakan berhasil. Kemungkinan ketidaktuntasan 2 siswa tersebut disebabkan oleh beberapa hal yang tidak diteliti oleh peneliti. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada siklus II maka penelitian dihentikan pada siklus II. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa  penerapan   metode cooperative script dapat meningkatkan  hasil belajar membaca novel pada siswa kelas VIIIB SMPN 2 Ledokombo.

Article Details

How to Cite
MARDIANI, Indana. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Membaca Novel dengan Penerapan Metode Cooperative Script pada Siswa Kelas VIIIB SMPN 2 Ledokombo Jember. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 3, n. 4, p. 268-280, oct. 2019. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/153>. Date accessed: 07 dec. 2019. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v3i4.153.
Section
Social Education