Peningkatan Prestasi Belajar IPS Materi Kenampakan Alam melalui Metode Group Investigation (GI) pada Siswa Kelas VI Semester I SDN 1 Sumberingin Karangan Trenggalek

Main Article Content

Tunik Tunik

Abstract

Proses belajar mengajar yang berlangsung belum menggambarkan kondisi dimana terjadi hubungan timbal balik dan saling ketergantungan yang bersifat positif antara guru dengan murid. Hal tersebut dapat dilihat dari metode yang masih digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yaitu metode ceramah. Dengan metode ceramah hanya kemampuan kognitif (berfikir, mengingat, menghafal) siswa saja yang diutamakan padahal kemempuan afektif (apresiasi, nilai, minat, sikap) dan Psikomotor (ketrampilan) siswa perlu dikembangkan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan prestasi belajar IPS materi kenampakan alam melalui Model Group Investigation pada siswa kelas VI tahun pelajaran 2018/2019 di SD Negeri 1Sumberingin. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas yang telah dilakukan menunujukkan bahwa penerapan metode Group Investigation (GI) dapat meningkatkan aktivitas belajar IPS materi “Kenampakan Alam” pada siswa Kelas VI SD Negeri 1 Sumberingin Trenggalek.

Article Details

How to Cite
TUNIK, Tunik. Peningkatan Prestasi Belajar IPS Materi Kenampakan Alam melalui Metode Group Investigation (GI) pada Siswa Kelas VI Semester I SDN 1 Sumberingin Karangan Trenggalek. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 3, n. 4, p. 253-262, nov. 2019. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/150>. Date accessed: 07 dec. 2019. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v3i4.150.
Section
Social Education