Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Materi Penyesuaian Hewan dengan Lingkungannya melalui Metode Resitasi

Main Article Content

Kasmiatin Kasmiatin

Abstract

Proses pembelajaran kelas V Sekolah Dasar Negeri  2 Joho Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek, masih mengunakan metode konvensional yaitu metode ceramah.Kondisi seperti ini tidak akan meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran khususnya mata pelajaran IPA. Akibatnya nilai hasil ulangann 80% dari 23 siswa   di bawah KKM  .Metode Resitasi memberikan kebebasan  belajar secara mandiri, merangsang  siswa belajar, berperan mengembangkan kemandirian siswa, membuat siswa bergairah  karena kegiatan belajar dilakukan  dengan   berbagai variasi, kebebasan berpikir, berpendapat, aktif dankreatif. Setelah metode resitasi diterapkan ada kenaikan. Ditunjukkan dari penelitian pembelajaran pada siklus I   tingkat keberhasilan ketuntasan kelas sebesar 56,52%. Sedangkan padasiklus II keberhasilan ketuntasan kelas sebesar 95,65%.

Article Details

How to Cite
KASMIATIN, Kasmiatin. Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Materi Penyesuaian Hewan dengan Lingkungannya melalui Metode Resitasi. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 3, n. 4, p. 343-352, oct. 2019. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/148>. Date accessed: 07 dec. 2019. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v3i4.148.
Section
Science Education