Peningkatan Kemampuan Bercerita Melalui Media Boneka Jari pada Anak Kelompok B di TK Kartika IV-43 Kota Blitar

Main Article Content

mukasri mukasri

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini memiliki latar belakang adanya permasalahan rendahnya hasil


belajar dalam kemampuan bercerita di TK Kartika IV-43 Kota Blitar. Salah satu strategi


pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah pembelajaran


menggunakan media boneka jari. Peneliti menemukan kemampuan anak dalam bercerita


mengalami kesulitan, dari 15 anak yang mampu bercerita secara lancar hanya 6 anak


yang 9 anak belum bisa bercerita dengan lancar. Penyebab permasalahan dari guru


sebagai peneliti adalah pembelajaraan yang diberikan monoton dan guru jarang


memberikan pembelajaran menggunakan media yang menarik.Penelitian ini bertujuan


untuk mendiskripsikan penerapan dan peningkatan kemampuan bercerita menggunakan


media boneka jari pada Kelompok B TK Kartika IV-43 Kota Blitar. Hasil penelitian


menunjukkan adanya peningkatan presentase pada hasil belajar anak. Setelah tindakan


pembelajaran menggunakan media boneka jari yang dilakukan dari Siklus I sampai Siklus



  1. Faktor yang menyebabkan peningkatan adalah dengan penerapan media boneka jari


berarti terjadi pembelajaran bermakna, dan siswa terlibat aktif. Berdasarkan hasil


penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media boneka jari dapat


meningkatkan hasil belajar kemampuan bercerita kelompok B TK Kartika IV-43 Kota


Blitar.

Article Details

How to Cite
MUKASRI, mukasri. Peningkatan Kemampuan Bercerita Melalui Media Boneka Jari pada Anak Kelompok B di TK Kartika IV-43 Kota Blitar. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 3, n. 4, p. 224-228, oct. 2019. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/144>. Date accessed: 15 dec. 2019. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v3i4.144.
Section
Social Education