Penerapan Pendekatan Contekstual Teaching adnd Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kondisi Fisik Wilayah Indonesia

Main Article Content

Mudjiatun Mudjiatun

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Kelas VIII A pada waktu pembelajaran IPS diperoleh hasil bahwa Prestasi belajar siswa kurang memuaskan, yaitu dari 33 siswa hanya 11 siswa yang nilainya dapat mencapai KKM atau > 70, sedangkan 22 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau < 69. Hal ini disebabkan karena guru kurang memberikan penekanan materi yang jelas tentang Kondisi Fisik Wilayah Indonesia tersebut, setelah memberikan tugas kepada siswu guru meninggalkan ruangan, guru tidak menggunakan strategi. maupun Model yang dapat digunakan untuk mengembangkan kreatif siswa, serta masih banyak siswa yang bermain sendiri pada saat pembelajaran berlangsung. Untuk itu agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam menyelesaikan soal tentang Kondisi Fisik Wilayah Indonesia serta untuk tercapainya tujuan pembelajaran perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning.   Rumusan masalah penelitian ini : (a) Bagaimana penerapan Pendekatan Model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam materi Kondisi fisik wilayah Indonesia Kelas VIII A SMP Negeri 2 Ngantru  Tulungagung ? (b) Apakah penerapan Pendekatan Model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam materi Kondisi fisik wilayah Indonesia Kelas VIII A SMP Negeri 2 Ngantru  Tulungagung? (c) Bagaimana hasil pembelajaran Kondisi fisik wilayah Indonesia dengan menggunakan Pendekatan Model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) pada siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Ngantru  Tulungagung? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan Prestasi belajar siswa pada materi Kondisi Fisik Wilayah Indonesia siswa Kelas VIII A  SMP Negeri 2 Ngantru  Tulungagung mempunyai kriteria keberhasilan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan Prestasi belajar siswa berdasarkan nilai post test per siklus dengan nilai di atas KKM yaitu persentase pada siklus I 60,6% dan pada siklus II 87,9%. Simpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran Kondisi Fisik Wilayah Indonesia melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan Prestasi belajar siswa Kelas VIII A  SMP Negeri 2 Ngantru  Tulungagung dan dapat mempermudah siswa dalam menyelesaikan persoalan Kondisi Fisik Wilayah Indonesia. Oleh karena itu guru menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran IPS pada materi Kondisi Fisik Wilayah Indonesia agar Prestasi belajar siswa meningkat.

Article Details

How to Cite
MUDJIATUN, Mudjiatun. Penerapan Pendekatan Contekstual Teaching adnd Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kondisi Fisik Wilayah Indonesia. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 108-119, oct. 2017. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/14>. Date accessed: 19 jan. 2018. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v1i1.14.
Section
Articles