Implementasi Pendidikan Karakter melalui Wisata Religi dan Budaya Penampilan Tugas Kolaborasi Mata Pelajaran SMP Negeri 2 Blitar

Main Article Content

Siti Nuriyah

Abstract

Di lihat dari segi geografis Indonesia terletak diantara dua benua dan dua samudra yang membawa keuntungan dari segi ekonomi, sosial dan budaya. Dari aspek ekonomi dapat menjadi titik persilangan kegiatan ekonomi dunia, dalam aspek sosial juga terjalin interaksi antar penjuru dunia sehingga dalam aspek budaya Indonesia mempunyai keanekaragaman suku, ras , agama dan budaya. Hal ini juga  mencerminkan keanekaragaman seluruh provinsi di negara Indonesia. Daerah Blitar merupakan daerah yang sangat di kenal oleh seluruh penduduk Indonesia. Setiap orang sepertinya tidak mungkin tidak mengenal kota Blitar, karena selain Kota Peta juga sebagai Kota Proklamator. Blitar mempunyai berbagai kebudayaan dan peradapan yang tinggi. Berbagai kebudayaan mulai dari peninggalan kerajaan Hindu Buddha sampai berbagai kebudayaan modern sekarang ini ada di Blitar.  Kadang kala peserta didik belum mengetahui berbagai kebudayaan yang ada dilingkungannya sendiri sudah langsung ingin mengetahui daerah lain,daerah yang jauh, maka dari itu Kebudayan yang beranekaragam di daerah sendiri ini dapat dikembangkan melalui penampilan penampilan karya oleh para peserta didik dari lingkungan kota Blitar. Perkembangan teknologi sekarang ini juga mempengaruhi perkembangan Kota dan Kabupaten Blitar. Masyarakat Blitar yang mempunyai peradapan dapat ditunjukkan melalui  implementasi pendidikan karakter yang ditanamkan disekolah sekolah. Untuk implementasi pendidikan karakter dapat dilakukan dengan penampilan tugas kolaborasi seluruh mata pelajaran dengan wisata religi dan budaya peserta didik yang ada di  Blitar. Berawal  dari  peserta didik di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan tidak menutup kemungkinan juga disambung civitas akademi yang lain yang ada di Blitar, dari tingkat sekolah dasar (SD) hingga Perguruan Tinggi.

Article Details

How to Cite
NURIYAH, Siti. Implementasi Pendidikan Karakter melalui Wisata Religi dan Budaya Penampilan Tugas Kolaborasi Mata Pelajaran SMP Negeri 2 Blitar. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 3, n. 3, p. 176-180, july 2019. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/134>. Date accessed: 16 oct. 2019. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v3i3.134.
Section
Social Education