Meningkatkan Minat Belajar IPS melalui Model Pembelajaran Team Games Tournament

Main Article Content

Ta'awan Ta'awan

Abstract

Empat puluh persen siswa di SMPN 1 Blitar kurang berminat belajar IPS. Sehingga perlu dilakukan suatu penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan minat dalam pembelajaran IPS. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam tiga siklus terdiri dari tahap-tahap: perencanaan, tindakan (intervensi), pengumpulan data dan refleksi. Tindakan (intervensi) berupa menerapkan pembelajaran kooperatif dengan model permainan (Team Games Tournament) yang tekniknya disesuaikan dengan tema atau topik yang sedang berlangsung. Media permainan berupa kartu-kartu bergambar, disertai aturan permainan yang dimainkan secara berkelompok, dan bertanding. Respon kemajuan minat belajar IPS diperoleh dari angket siswa, wawancara dengan siswa, learning logs siswa, observasi kegiatan pembelajaran, wawancara antar guru, jurnal guru, hasil ulangan harian dan tugas. Validasi instrumen dilakukan dengan critical reflection antar guru peneliti dan face validity. Validasi data dilakukan dengan triangulasi observasi dari aspek siswa, guru, dan guru mitra. Hasil refleksi tiap siklus digunakan untuk merencanakan langkah-langkah lanjutan. Hasil tindakan  menunjukkan tingkat minat siswa dalam belajar IPS sebesar 54,35 % (siklus 1), 78,72 % (siklus 2) dan 93,62 % (siklus 3) dari hasil catatan learning logs siswa. Jadi antar siklus terjadi peningkatan minat belajar IPS masing-masing sebesar: 30,97 %; 15,92 %; 41,95 %. Sedangkan dari hasil angket menunjukkan tingkat minat siswa dalam belajar IPS sebesar 67,77 % (siklus 1), 74,81 % (siklus 2), dan 82,69 (siklus 3). Sehingga terjadi peningkatan minat belajar IPS yang menciptakan efek positif bagi perkembangan belajar IPS pada siswa dengan adanya tindakan ini, terutama kegiatan belajar, spontanitas, kerjasama, diskusi, dan hubungan antar personal.


 

Article Details

How to Cite
TA'AWAN, Ta'awan. Meningkatkan Minat Belajar IPS melalui Model Pembelajaran Team Games Tournament. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 3, n. 3, p. 171-175, july 2019. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/132>. Date accessed: 25 aug. 2019. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v3i3.132.
Section
Social Education