Supervisi Akademik Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Guru Di Sekolah Dasar

Main Article Content

Ibrahim Ibrahim

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas guru di SDN 47/V Sungai Gebar melalui kegiatan supervisi akademik.  Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilakukan oleh kepala sekolah ke seluruh guru kelas yang berjumlah 6 orang. Pelaksanaan supervisi akademik dilakukan dalam dua siklus. Data diperoleh dari hasil observasi pada aspek kedisiplinan dan kualitas pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor kedisiplinan meningkat dari 71,88 menjadi 87,50 dan skor kualitas pembelajaran yang dirancang dan dilaksanakan oleh guru juga meningkat yakni sebesar 74,17 pada sikus 1 menjadi 90,83 pada siklus 2. Di sisi lain, dalam pelaksanaan supervisi terdapat beberapa hambatan yakni agenda eksternal mendadak yang harus dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan supervisi, dan guru cenderung canggung ketika supervisi dilaksanakan. Pentingnya kegiatan supervusi akademik ini harus dilakukan secara kontinu. Hal tersebut bertujuan agar kualitas pendidikan selalu termonitor dan terjaga.

Article Details

How to Cite
IBRAHIM, Ibrahim. Supervisi Akademik Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Guru Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 3, n. 3, p. 157-162, july 2019. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/130>. Date accessed: 25 aug. 2019. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v3i3.130.
Section
Social Education