Manajemen Program Life Skill Vocational Pondok Pesantren Baitul Hidayah Bandung Manajemen Program Life Skill Vocational Pondok Pesantren Baitul Hidayah Bandung

Main Article Content

Ari Prayoga Mutiara Fauziah

Abstract

Pesantren tidak hanya berfungsi sebagai sarana keagamaan semata, namun dalam perkembangannya berfungsi sebagai pendidikan non formal agar santri dibimbing dan dididik untuk memiliki vocational life skill sesuai dengan bakat yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap proses-proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan program life vocational di Pondok Pesantren Baitul Hidayah Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan; pertama, perencanaan dilakukan pada awal tahun akademik pembelajaran pesantren; kedua, pengorganisasian dibagi menjadi 3 koordinator bidang yaitu: pertanian dan peternakan, teknik montir perlistrikan dan perairan, jual beli dan perdagangan; ketiga,pelaksanaan dilakukan dengan cara pemberian tugas lapangan secara langsung oleh tutor kepada santri yang terdiri dari terdiri dari 80% praktek dan 20% teori; keempat, pengawasan dilakukan oleh koordinator bidang melalui pencapaian tugas dilapangan serta laporan secara lisan dan tulisan dari setiap bidang oleh santri.

Article Details

How to Cite
PRAYOGA, Ari; FAUZIAH, Mutiara. Manajemen Program Life Skill Vocational Pondok Pesantren Baitul Hidayah Bandung. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 3, n. 3, p. 205-211, july 2019. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/125>. Date accessed: 25 aug. 2019. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v3i3.125.
Section
Science Education