Pembelajaran Integratif Microsoft Paint dalam Mata Pelajaran TIK di MI Al-Huda Karangnongko Yogyakarta Pembelajaran Integratif Microsoft Paint dalam Mata Pelajaran TIK di MI Al-Huda Karangnongko Yogyakarta

Main Article Content

Afifah Zulfa Destiyanti Heru Prasetyo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa nilai-nilai agama pada mata pelajaran TIK dapat diintegrasikan dalam materi microsoft paint. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil menunjukkan bahwa melalui materi microsoft paint dalam mata pelajaran TIK dapat diintegrasikan pada nilai-nilai mencakup pada penyampaian materi pelajaran yang bersifat pengetahuan yang berkaitan dengan ayat-ayat Al-Qur’an. Adapun integrasi nilai-nilai dalam materi microsoft paint dapat diintegrasikan melalui tabel pengolahan gambar yang tersedia seperti membuat garis lurus, melengkung, lingkaran atau dapat disebut sebagai olah garis, memberi warna dari berbagai macam warna yang tersedia atau sebagai olah warna dan lain sebagainya. Pentingnya penggunaan sebuah ilmu pengetahuan yang berbasis pada nilai-nilai agama dalam proses pembelajaran akan memberikan kontribusi yang besar terhadap persiapan peserta didik untuk mengahadapi tantangan zaman. Melalui microsoft paint peserta didik mampu menemukan ide, memecahkan masalah, atau mengaplikasikan apa yang meraka pelajari ke dalam kehidupan di masyarakat. Pembelajaran TIK yang terintegrasikan dengan nilai-nilai yang berkaitan, maka peserta didik merasakan pembelajaran yang lebih bernilai dan menyenangkan sehingga mampu menjadikan peserta didik cerdas dalam ilmu dunia dan ilmu akhirat.


 

Article Details

How to Cite
DESTIYANTI, Afifah Zulfa; PRASETYO, Heru. Pembelajaran Integratif Microsoft Paint dalam Mata Pelajaran TIK di MI Al-Huda Karangnongko Yogyakarta. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 3, n. 3, p. 200-208, july 2019. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/123>. Date accessed: 16 oct. 2019. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v3i3.123.
Section
Science Education