HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN DENGAN PROKRASTINASI DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI

Main Article Content

Afriansyah afriansyah afriansyah

Abstract

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi diri dan dukungan sosial teman dengan prokrastinasi dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Sampel penelitian ini sebanyak 61 mahasiswa dengan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode skala. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1. Uji asumsi, dan 2. Uji hipotesis dengan korelasi product moment untuk menguji hipotesis satu dan dua, sedangkan untuk hipotesis tiga dianalisis dengan regresi ganda.


Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa: berdasarkan analisis product moment diperoleh hasil berupa nilai koefisien korelasi sebesar -0.513 dengan nilai p = 0.001 atau nilai p < 0.01. Hasil uji ini menunjukan bahwa ada hubungan negatif antara regulasi diri dengan prokrastinasi dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Berdasarkan analisis product moment diperoleh hasil berupa nilai koefisien korelasi sebesar -0.372 dengan nilai p = 0.022 atau nilai p < 0.05. Hasil uji ini menunjukan bahwa ada hubungan negatif antara dukungan sosial teman dengan prokrastinasi dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Berdasarkan analisis regresi berganda, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama ada hubungan antara regulasi diri dan dukungan sosial teman dengan prokrastinasi dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Prokrastinasi dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa dapat diprediksi dari variabel regulasi diri dan dukungan sosial teman secara bersama-sama sebesar 0.283 atau 28.3% sedangkan sisanya sebesar 71.7% dipengaruhi variabel lain seperti kondisi fisik, kondisi psikologis, banyaknya tugas, pola asuh orang tua, karakteristik tugas, dan kepribadian prokrastinator.


 


 


Kata kunci : regulasi diri, dukungan sosial teman, prokrastinasi

Article Details

How to Cite
AFRIANSYAH, Afriansyah afriansyah. HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN DENGAN PROKRASTINASI DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 99-108, apr. 2019. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/112>. Date accessed: 15 july 2019. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v3i2.112.
Section
Social Education