Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Teknik Dasar Permainan Bola Voli Melalui Metode Drill dan Bermain Pada Siswa Kelas V di SDN Tingal 02 Garum

Main Article Content

tri mujayanah

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran objektif mengenai peningkatan motivasi dan prestasi belajar teknik dasar permainan voli melalui metode drill dan bermain di kelas V SDN 02 Tinggal Garum. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), yang dilaksanakan tiga siklus dengan tiga tahapan. Subjek penelitian seluruh siswa kelas V di SDN Tingal 02 Kecamatan Garum Kabupten Blitar yang berjumlah 24 siswa. Hasil penelitian diperoleh peningkatan aktivitas anak dalam setiap siklusnya. Siklus I keaktifan belajar siswa mencapai rata-rata (66.67%), Siklus II keaktifan belajar siswa mencapai rata-rata (75%), dan Siklus III keaktifan belajar siswa mencapai rata-rata (88.89%).  dan peningkatan prosentase ketuntasan belajar siswa dari siklus I sampai dengan siklus III. Siklus I prosentase ketuntasan belajar siswa mencapai (66.67%), Siklus II prosentase ketuntasan belajar siswa mencapai (75%), dan Siklus III prosentase ketuntasan belajar siswa mencapai (87.50%).

Article Details

How to Cite
MUJAYANAH, tri. Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Teknik Dasar Permainan Bola Voli Melalui Metode Drill dan Bermain Pada Siswa Kelas V di SDN Tingal 02 Garum. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 65-69, jan. 2019. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/106>. Date accessed: 19 apr. 2019. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v3i1.106.
Section
Articles