Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA di SDN 2 Tawing Munjungan Trenggalek

Main Article Content

markasim markasim

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan gambaran objektif mengenai peningkatan prestasi belajar mata pelajaran IPA materi hewan dan jenis makanannya dengan penerapan model pembelajaran Everyone is a Teacher Here bagi siswa kelas IV semester I tahun pelajaran 2016/2017 di SDN 2 Tawing, Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research), yang dilaksanakan dua siklus dengan empat tahapan. Subjek penelitian seluruh siswa kelas IV SDN 2 yang berjumlah 22 siswa, terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan, bertempat di SDN 2 Tawing Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek Propinsi Jawa Timur. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I siswa tuntas sejumlah 16 siswa (72%), sedangkan pada siklus II sejumlah 19 siswa (86%), terjadi kenaikan sebesar 14% atau sebanyak 3 siswa.

Article Details

How to Cite
MARKASIM, markasim. Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA di SDN 2 Tawing Munjungan Trenggalek. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 51-53, jan. 2019. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/102>. Date accessed: 25 aug. 2019. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v3i1.102.
Section
Social Education