Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Konteksual pada Siswa Kelas II di SD Negeri Garum Kabupaten Blitar Tahun 2016/2017

Main Article Content

Suwarni .

Abstract

Berdasarkan observasi awal, peneliti menemukan sebagian besar siwa Kelas I Semester II di SD Negeri Tingal 02 Kecamatan Garum Kabupaten Blitar mengalami kesulitan pada mata pelajaran matematika, siswa belum mampu membandingkan dan mengurutkan banyak benda. Hal ini disebabkan karena siswa kurang memiliki motivasi belajar.Sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan ungtuk mengetahui(a) Bagaimana penerapan model pembelajaran kontekstual guna meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematikapada siswa Kelas I di SD Negeri Tingal 02, Garum Kabupaten Blitar. (b) Bagaimanakah dampak penerapan model pembelajaran kontekstual terhadap peningkatan hasil belajar dalam membandingkan dan mengurutkan banyak benda pada siswa Kelas I di SD Negeri Tingal 02 , Garum Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas I Semester II di SD Negeri Tingal 02 Kec. Garum Kab. Blitar Tahun Pelajaran 2016/2017. Data yang diperoleh berupa hasil tes uji kompetensi tertulis dan lembar observasi kegiatan belajar melalui model pembelajaran kontekstual. Hasil pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual berdampak pada peningkatan motivasi belajar matematika dalam membandingkan dan mengurutkan banyak benda pada pada siswa Kelas I di SDN Tingal 02 Garum Kabupaten Blitar, hal ini ditunjukkan dengan peningkatan aktivitas siswa dari siklus I sampai dengan siklus III.Pada Siklus I aktifitas belajar siswa mencapai rata-rata (65.38%), pada Siklus II aktifitas belajar siswa mencapai rata-rata (75.64%), dan pada Siklus III aktifitas belajar siswa mencapai rata-rata (91.03%).Beriringan dengan peningkatan prosentase ketuntasan belajar siswa dari siklus I sampai dengan siklus III.Pada Siklus I ketuntasan belajar siswa mencapai (61.54%), pada Siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai (73.08%), dan pada Siklus III ketuntasan belajar siswa mencapai (88.46%).

Article Details

How to Cite
., Suwarni. Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Konteksual pada Siswa Kelas II di SD Negeri Garum Kabupaten Blitar Tahun 2016/2017. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 40-50, jan. 2019. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/101>. Date accessed: 22 feb. 2019. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v3i1.101.
Section
Articles