Metode Index Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mapel IPS Kelas VI SD

Main Article Content

Suwarni al Suwartiani

Abstract

Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) seringkali dianggap sulit sehingga banyak siswa yang kurang memahami dan mencapai nilai relatif rendah. Kesulitan disebabkan materi yang cukup luas, selalu berkembang, metode ceramah yang digunakan pendidik dan cara belajar siswa yang kurang tepat. Pendidikan IPS berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlaq mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis  serta bertanggung jawab. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran objektif tentang penigkatan hasil belajar maple IPS materi gejala alam pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Sumberbening Kecamatan Dongko degan metode index card match semester II tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode index card match dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi gejala alam yang terjadi di Indonesia dan sekitarnya. Nilai yang tidak memenuhi KKM pada`pra-siklus (77,78%), setelah menggunakan penerapan metode index card match pada siklus 1 menjadi (55,56%), dan siklus II menjadi (13,89%) dan ketuntasan belajar IPS dapat dilihat dari rata-rata hasil tes pada setiap siklus yaitu pra-siklus (22,22%), siklus I menjadi (46,7%), siklus II menjadi (80,77%.). Jadi, dari pra siklus ke siklus II nilai rata-rata hasil belajar meningkat sebesar 21,67.

Article Details

How to Cite
SUWARTIANI, Suwarni al. Metode Index Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mapel IPS Kelas VI SD. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-6, oct. 2017. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/1>. Date accessed: 15 dec. 2018. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v1i1.1.
Section
Articles