Pendampingan Pembuatan dan Penggunaan Alat Peraga Matematika bagi Guru di SD 2 Mlati Lor Kudus

  • Eka Zuliana Universitas Muria Kudus
  • Himmatul Ulya Universitas Muria Kudus
  • Ratri Rahayu Universitas Muria Kudus
Keywords: Pendampingan, Pembuatan, Penggunaan, Alat Peraga Matematika

Abstract

Program pendampingan pembuatan alat peraga ini merupakan program pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang ditujukan untuk guru SD 2 Mlati Lor Kudus. Permasalahan mitra adalah ketersediaan alat peraga yang minim dan kurangnya pengetahuan guru tentang cara penggunaan alat peraga matematika secara benar. Tujuan kegiatan PKM ini adalah menyediakan alat peraga matematika SD dan memberikan pengetahuan kepada mitra guru tentang pembuatan dan penggunaan alat peraga tersebut. PKM dilakukan dengan metode pelatihan interaktif dan pendampingan. Interaksi dua arah dilakukan dalam proses pelatihan dengan cara memberikan kesempatan kepada mitra guru untuk menyumbangkan ide, pendapat, pikiran, dan pengalamannya. Sedangkan pelaksanaan pendampingan pembuatan dan penggunaan alat peraga pada guru dilakukan dalam beberapa tahap, antara lain: perencanaan, pelaksanaan, follow up, dan evaluasi. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah guru SD 2 Mlati Lor mampu membuat, menggunakan alat peraga, dan melakukan simulasi dan praktik pembelajaran matematika menggunakan alat peraga.

Published
2019-12-30