Pemanfaatan E-Learning dengan Aplikasi Schoology dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19

  • Jefry Aulia Martha Universitas Negeri Malang
  • Aniek Indrawati Universitas Negeri Malang
  • Ludi Wishnu Wardana
Keywords: e-learning, pembelajaran daring, Schoology

Abstract

Kebijakan Physical Distancing yang direkomendasikan WHO untuk menekan laju penularan danĀ  penyebaran Covid 19 memaksa berbagai kegiatan publik harus sebisa mungkin ditekan pelaksanaannya tak terkecuali kegiatan belajar mengajar di sekolah. Pemerintah indonesia membuat kebijakan menutup sekolah dan mengganti pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran daring. Pembelajaran daring erat kaitannya dengan e-learning yang dalam praktiknya memerlukan media atau platform, salah satunya yaitu aplikasi Schoology. Tujuan dari program pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mengenalkan aplikasi Schoology beserta tata cara penggunaanya sehingga dapat menunjang proses pembelajaran daring pada masa pandemi Covid 19. Program pengabdian kepada masyarakat di SMPN 9 Kota Mojokerto dilaksanakan melalui metode pelatihan, pendampingan, dan evaluasi dengan durasi 36 JP. Berdasarkan pernyataan dan hasil jawaban oleh peserta setelah pengisian kuesioner, diperoleh kesimpulan bahwa para peserta pelatihan setuju jika aplikasi Schoology dapat menunjang kegiatan belajar dan pembelajaran di masa pandemi saat ini. Aplikasi yang disediakan mudah dipahami, guru dimudahkan dalam menyiapkan pembelajaran, meningkatkan efektivitas waktu, dan para peserta merasa puas dengan adanya pelatihan aplikasi Schoology ini.

Published
2021-12-27
How to Cite
Martha, J., Indrawati, A., & Wardana, L. (2021). Pemanfaatan E-Learning dengan Aplikasi Schoology dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu), 3(2), 66-72. https://doi.org/10.28926/jppnu.v3i2.57