Bimbingan Pembelajaran TPACK Berbasis HOTS bagi Guru SD Se-Blitar Raya

  • M. Zainuddin Universitas Negeri Malang
  • Esti Untari Universitas Negeri Malang
  • Umi Nahdiyah Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Bagus Waluyo Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
Keywords: bimbingan, pembelajaran, TPACK, HOTS

Abstract

Era pandemic Covid-19 seperti saat ini, para pendidik pembelajaran IPS kelas 4 sekolah dasar khususnya para guru senior merasa kesulitan dan mengeluh dalam mengikuti pola pembelajaran dengan kemajuan IPTEK yang semakin berkembang/pola pembelajaran daring serta luring. Kelas tatap muka yang para guru gunakan sudah tidak dapat lagi digunakan dalam pembelajaran. Hal tersebut berdampak sangat signifikan terhadap pengetahuan dan kemajuan berfikir anak didik yang semakin merosot, bahkan orang tua siswa banyak yang mengeluh dikarenakan  ketidakefektifan pembelajaran di kelas yang dialami anak didik. Selain itu, banyak guru di Blitar mengeluh terkait keadaan ketidakefektifan ini. Pengabdian masyarakat ini bertujuan memberikan jalan keluar terhadap permasalahan tersebut dengan memberikan bimbingan pembelajaran TPACK  berbasis HOTS materi pelajaran IPS kelas 4. Jalan keluar tersebut dapat mengubah pola pikir guru dalam penerapan pembelajaran di kelas dan guru dapat memberikan pembelajaran lebih inovatif dan menarik dengan mengkombinasikan antara ilmu pengetahuan dengan teknologi. TPACK berbasis HOTS ini menitikberatkan pada penyatuan pengalaman mengajar guru yang dijadikan satu dengan sebuah pembelajaran yang mempunyai pemikiran dan pemecahan masalah. Sehingga, kombinasi tersebut dapat menjadikan pembelajaran menjadi berhasil dan efektif dalam sebuah konteks pembelajaran dengan menggunakan Technological Knowledge (Pengetahuan Teknologi), Pedagogy Knowledge (Pengetahuan Pedagogi),  dan Content Knowledge (Pengetahuan Konten).

Published
2021-12-21
How to Cite
Zainuddin, M., Untari, E., Nahdiyah, U., & Waluyo, B. (2021). Bimbingan Pembelajaran TPACK Berbasis HOTS bagi Guru SD Se-Blitar Raya. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu), 3(2), 34-39. https://doi.org/10.28926/jppnu.v3i2.46