IBM Bioinformatika Berbasis Hasil Riset Eksplorasi Gen Penting pada Ginseng Jawa dan Jarak Pagar bagi Guru Biologi SMA untuk Memperbaiki Konsep Biologi Sel dan Molekuler

  • Agus Muji Santoso Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Poppy Rahmatika Primandiri Univeraitas Nusantara PGRI Kediri
Keywords: bioinformatika, berbasis riset, guru biologi, SMA

Abstract

IbM ini bertujuan untuk memberikan penyegaran materi konesp dasar biologi sel dan molekuler bagi guru MGMP Biologi Kota Kediri yang berbasis bioinformatika. IbM dilaksanakan dalam bentuk workshop  selama 1 bulan kepada guru anggota MGMP Biologi Kota Kediri.  IbM Bioinformatika ini terdiri dari dua tahap kegiatan. Instrumen yang digunakan antara lain: lembar pre dan post test, lembar observasi keaktifan peserta pelatihan, buku panduan Bioinformatika, jaringan internet, PC/ laptop, dan LCD. Hasil tes akhir yang diperoleh peserta IbM mencapai 79,45 (n=20) atau mengalami kenaikan sejumlah 27,95 (N Gain = tinggi). Peserta IbM memiliki profil keterampilan yang beragam, mulai sangat baik sejumlah 25%, baik sejumlah 55%, cukup sejumlah 10%, dan kurang 10%. Hasil observasi menunjukkan bahwa sejumlah 11 orang (55%) memiliki profil keaktivan yang sangat baik (lebih dari 3 kali memberikan respon tiga  fokus observasi keaktifan), 4 orang (20%) termasuk baik yaitu (dua kali), dan 5 orang (25%) termasuk cukup (satu kali dalam memberikan respon tiga  fokus observasi keaktifan). Hasil angket umpan balik, menunjukkan bahwa mutu nara sumber, ketersediaan sarana penunjang IbM, representasi lokasi/ tempat, dan pelaksanaan termasuk baik, namun aspek kedisiplinan dan ketercukupan waktu perlu didesain ulang untuk program berikutnya karena masih memiliki nilai yang kurang.

Published
2020-12-30
How to Cite
Santoso, A., & Primandiri, P. (2020). IBM Bioinformatika Berbasis Hasil Riset Eksplorasi Gen Penting pada Ginseng Jawa dan Jarak Pagar bagi Guru Biologi SMA untuk Memperbaiki Konsep Biologi Sel dan Molekuler. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu), 2(2), 187-193. https://doi.org/10.28926/jppnu.v2i2.35