PENDAMPINGAN GURU DALAM PENGEMBANGAN MULTIREPRESENTATION MOBILE BASED ASSESSMENT UNTUK MENDUKUNG MERDEKA BELAJAR

  • Dewi Amiroh Universitas Khairun
  • Masrifah Masrifah
Keywords: literasi, mobile based assessment, multirepresentation

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan guru SMA  mengembangkan mobile based assessment MBA sesuai mata pelajaran yang diampu yaitu Fisika, Kimia, dan Matematika dengan pengembangan soal pilihan ganda. Kegiatan ini bermitra dengan guru SMA Negeri 4 Ternate yang berjumlah 15 guru yang dikelompokkan menjadi tiga sesuai mata pelajaran yang diampu. Pengabdian dilaksanakan pada bulan Oktober 2023 berupa pelatihan serta bimbingan praktis melalui metode diskusi interaktif dengan penugasan. Instrumen pengabdian berupa lembar observasi, angket, serta lembar tugas. Hasil observasi menunjukkan bahwa seluruh peserta menjalin komunikasi dengan baik serta membantu dalam penyelesaian tugas, bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas pengembangan penilaian multirepresentasi dengan mobile based serta seluruh anggota kelompok berperan aktif. Hasil angket disimpulkan semua guru peserta mengikuti kegiatan pengabdian memperhatikan serta meninjau kembali materi ajar saat penyusunan soal multirepresentasi. Sebagian guru sudah pernah menggunakan penilaian mobile based dengan google form dan mengetahui ragam soal multirepresentasi, sedangkan sebagian yang lain belum pernah menggunakan penilaian mobile based dan belum mengetahui cara mengembangkan soal multirepresentasi. Hasil akhir pengabdian menunjukkan bahwa semua guru telah berhasil mengembangkan multirepresentasi MBA berupa soal pilihan ganda. Pelatihan pengembangan multirepresentasi MBA ini perlu dilanjutkan dan disebarluaskan kepada seluruh guru di sekolah tersebut mupun pada sekolah lainnya.

Published
2024-01-10
How to Cite
Amiroh, D., & Masrifah, M. (2024). PENDAMPINGAN GURU DALAM PENGEMBANGAN MULTIREPRESENTATION MOBILE BASED ASSESSMENT UNTUK MENDUKUNG MERDEKA BELAJAR. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu), 5(2), 306 - 314. https://doi.org/10.28926/jppnu.v5i2.267