Peningkatan Minat Belajar Bahasa Inggris di Akademi Kebidanan Graha Husada melalui Aplikasi Google Class Room pada Masa Pandemi Covid-19

  • Abd Syakur STKIP PGRI Sidoarjo
  • Rikhly Faradisy Akademi kebidanan Graha Husada Sampang
  • Fajar Surahman Universitas Madura
Keywords: Pembelajaran bahasa Inggris, daring, google classroom, pandemi covid 19

Abstract

Tujuan Pengabdian kepada Masyarakan (PKM) ini untuk membekali mahasiswa yang yang tinggal di Basecamp kampus mahasiswa program studi diploma tiga (DIII) Akademi Kebidanan Graha Husada Sampang berbasisis google classrooum, sejauhmana efektivitas aplikasi google classroom terhadap minat dan respon pemahaman materi bahasa Inggris mahasiswa serta efektivitas penggunaan aplikasi google classroom dalam pembelajaran daring. Metode yang digunakan dalam PKM ini dilaksanakan dengan metode penelitian deskriptif menggunakan teknik survey. Koleksi data selama pelaksanaan PKM ini menggunakan perangkat berupa angket dan wawancara secara online yang diberikan kepada mahasiswa program studi DIII Kebidanan sebanyak 90 orang mahasiswa yang terdiri dari 3 angkatan pada semester ganjil. Hasil PKM menunjukkan bahwa sebanyak 53,33% mahasiswa menyatakan setuju dalam pemahaman materi pembelajaran dengan menggunakan google classroom 45,56% mahasiswa menyatakan setuju dalam keefektifan penggunaan aplikasi google classroom, dan 54,44% mahasiswa menyatakan setuju dalam penggunaan aplikasi google classroom dalam pembelajaran bahasa inggris di asrama. Dari pelaksanaan kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 sudah cukup baik dan efektif.

Published
2020-07-31