Pendampingan Persiapan Ujian Akhir Sekolah pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Madrasah Aliyah Darul Muta’állimin Sugihwaras Nganjuk

  • Tyas Alhim Mubarok
Keywords: Ujian Akhir Sekolah, bahasa Inggris, pendampingan, bimbingan belajar

Abstract

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang harus dikuasai oleh siapapun untuk menghadapi tantangan global. Pentingnya bahasa Inggris menjadikan bahasa tersebut dijadikan sebagai mata pelajaran yang diajarjan di sekolah-sekolah mulai dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi. Di Indonesia, Bahasa Inggris merupakan foreign language atau bahasa asing yang tidak diterapkan pada percakapan sehari-hari. Oleh karena itu, sebagian siswa menganggap bahasa Inggris sebagai mata pelajaran yang sulit dimengerti dan diterapkan sehingga siswa membutuhkan effort lebih dalam belajar bahasa Inggris. Selain itu, di tingkat sekolah menengah atas, bahasa Inggris merpakan salah satu mata pelajaran yang diujikan pada ujian akhir sekolah termasuk di Madrasah Aliyah Darul Mutaállimin Sugihwaras Nganjuk. Siswa di sekolah ini juga masih tergolong kurang dalam penguasaan bahasa inggris sehingga perlu adanya tambahan jam belajar. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan untuk membantu siswa dalam memahami lebih dalam materi-materi yang akan diujikan pada ujian akhir sekolah dengan dilakukannya pendampingan dan bimbingan belajar kepada siswa. Metode pelaksanaan dilakukan dengan tiga tahap yaitu penjelasan materi, diskusi kelompok/group discussion, dan latihan soal/tryout. Masing-masing tahap dilakukan dengan menyenangkan agar siswa dapat memahami materi dengan maksimal. Hasil kegiatan ini membuat siswa lebih terlatih dalam mengerjakan soal-soal ujian akhir, sehingga diharapkan siswa lebih siap dalam ujian nanti dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Published
2020-07-31