Kemampuan Guru Dalam Menyusun Rencana Pembelajaran Berbasis Karakter Aplikasi Kurikulum 2013 di Blitar Raya

  • Mohammad Zainuddin Universitas Negeri Malang
  • Sutansi Sutansi Universitas Negeri Malang
  • Mohamad Fatih Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Kistin Restu Perdana Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
Keywords: rencana pembelajaran, karakter, bimbingan teknis

Abstract

Program Pengabdian Masyarakat ini ditujukan kepada guru-guru SD di Blitar Raya khususnya MI Plus Baitun Naim (Mitra 1) dan SDI Tarbiyatul Falah (Mitra 2), dimana dala merencanakan pembelajaran kurikulum 2013 guru masih mengalami kesulitan untuk menyususn RPP dan menyisipkan pendidikan karakter di dalamnya. Pembimbingan dalam penususnan rencana pembelajaran berbasis karakter terbagi menjadi 2 sesi. Tahapan kemitraan yang dilakukan untuk Mitra I dan II yaitu: (1) melakukan pelatihan terkait urgensi, komponen, dan kiat-kiat penyusunan RPP berbasis karakter, (2) memberikan penugasan dan pendampingan penyusunan RPP berbasis karakter. Pengabdian telah dilaksankan dengan lancar selama 3 hari. Hari pertama pemberian materi (tatap muka), hari kedua dan ketiga merupakan penugasan. Pada penugasan ini, peserta telah menghasilkan produk yang diharapkan. Kesimpulan pelaksanan pengabdian adalah meningkatnya kemampuan guru dalam membuat perancanaan pembelajaran (RPP) berbasis karakter yang akan diterapkan dalam pembelajaran kurikulum 2013. Sehingga dengan bekal yang telah dimiliki ini dapat meningkatkan kompetensi professional guru-guru.

Published
2019-07-31
How to Cite
Zainuddin, M., Sutansi, S., Fatih, M., & Perdana, K. R. (2019). Kemampuan Guru Dalam Menyusun Rencana Pembelajaran Berbasis Karakter Aplikasi Kurikulum 2013 di Blitar Raya. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu), 1(1), 1-8. https://doi.org/10.28926/jppnu.v1i1.1