Survei Metrik Skala Organisasi Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

  • Ilham Wahyudi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
  • Satria Budi Harjo Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Muhammad Ainul Yaqin Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
Keywords: Survei, Organisasi, Simple Additive Weighting

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dari suatu organisasi, perusahaan atau perdagangan. Semakin baik kualitas pelayanan maka tingkat kepuasan konsumen semakin tinggi. Tingkat kepuasan yang tinggi memungkinkan bertambahnya konsumen pada organisasi atau perusahaan yang bersangkutan. Evaluasi terhadap kualitas pelayanan pada suatu organisasi atau perusahaan sangat diperlukan karena hasil dari evaluasi tersebut dapat digunakan sebagai rujukan untuk menentukan kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan usaha peningkatan kualitas pelayanan. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode SAW (Simple Additive Weighting). Metode ini dipilih karena mampu menyeleksi alternatif dari sejumlah alternatif yang ada. Alternatif yang dimaksud adalah tingkatan kualitas pelayanan yaitu : (1) Sangat Buruk, (2) Buruk, (3) Cukup, (4) Baik, (5) Sangat Baik. Hasil evaluasi berdasarkan observasi terhadap Apotek purwosari farma turut dihitung bersama alternatif-alternatif tersebut dan alternatif yang nilainya mendekati perhitungan hasil evaluasi pelayanan pada apotek purwosari farma adalah alternatif yang dianggap tepat untuk menentukan kualitas pelayanan pada apotek purwosari farma. Sistem ini masih bisa dikembangkan lagi dengan cara menambah bobot kriteria – kriteria, atau dengan menggunakan metode – metode yang lain.  

Published
2020-05-04